Translate

Selasa, 08 Mei 2012

cara memainkan aplikasi java di po dengan micro emulator

Dengan Microemulator yang merupakan program berbasis java, Dengan Microemulator yang merupakan program berbasis java, yang bisa menjalakan extensi *.jar. Pada percobaan sekarang disini akan menjalankan Operamini 5.1 Handler.jar,karena dengan Operamini ini kita bisa surfing/browsing dengan cepat dan hemat bandwidth, seperti di ponsel pada umumnya. Peralatan yang diperlukan sbb:

- Java Runtime download disini
- Microemulator download disini
- Operamini 5.1 Handler.jar download disini
- Koneksi Internet.

Processing: Install Java runtime, extract Microemulator di Drive C:\, Lalu buatlah shortcut dari Microemulator, tujuannya adalah agar aplikasi Operamini bisa melakukan proses download layaknya di ponsel. Kemudian, klik kanan pada shortcut yg tadi di buat lalu ganti target dengan :

C:\WINDOWS\system32\java.exe -cp microemulator.jar;lib/microemu-jsr-75.jar org.microemu.app.Main --impl org.microemu.cldc.file.FileSystem org.microemu.examples.fcview.FCViewMIDlet apps\Opmin5.1Handler.jar

Nama Opmin5.1Handler.jar merupakan file Operamini yang telah di download dan diletakkan di folder C:\Microemulator\apps Apabila menggunakan Operamini lain yang berbeda, maka gantilah tulisan Opmin5.1Handler.jar ini dengan nama file Operamini yang Agan download.

*Bagaimana kalau menggunankan Proxy?
Caranya biar Microemulator bisa jalan dengan proxy. Buka WordPad, open file config2.xml di C:\Documents and Settings\USERNAME AGAN\microemulator Edit config2.xml tadi sehingga jadi seperti ini:  

<system-properties>
    <system-property VALUE="127.0.0.1" NAME="http.proxyHost"/>
    <system-property VALUE="8080" NAME="http.proxyPort"/>
    <system-property VALUE="localhost" NAME="http.nonProxyHosts"/>
    <system-property VALUE="MIDP-2.0" NAME="microedition.profiles"/>
    <system-property VALUE="CLDC-1.0" NAME="microedition.configuration"/>
    <system-property VALUE="true" NAME="avetana.forceNativeLibrary"/>
</system-properties>

catatan Rubah 127.0.0.1 dan 8080 sesuai dengan kebutuhan Agan, dan Microemulator Operamini sudah bisa dijalankan. NB= Lewatin proses ini kalo Agan ga pake proxy. 

*Bagaimana memperbesar tampilan pada Microemulator ?
Caranya Pilih Options > Select device.. Klik tombol add Lalu browser folder Microemulator yang kita extract tadi yaitu 
C:\microemulator-2.0.4\devices Pilih microemu-device-resizable selesai deh,tinggal ubah aja ukurannya. 


Hasil:

Tambahan jika,ga bisa download: Edit config2.XML tambahin kode di bawah ini, taruh di paling bawah, tepat sebelum code Biar jelas lihat di bawah ini:

semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar