Translate

Rabu, 09 Mei 2012

Cara Cek Kecepatan Loading Blog, Cara Mengetahui, Tes, mengetest Kecepatan Loading Halaman Blog/Website

Ketika sedang asik-asiknya berselancar di dunia maya terkadang juga halaman yang kita tuju loadingnya begitu lama. Hal ini tentu sangat tidak menyenangkan, terlebih lagi bagi netter yang menggunakan ponsel sebagai alat jelajahnya. Seperti yang kita tahu, kebanyakan orang mulai bosan jika halaman yang di akses loadingnya melebihi 15 detik.

Ada beberapa kemungkinan jika halaman web/blog yang kita tuju itu mengalami loading yang lama, antara lain:
  • Web atau blog tersebut memakai template/css yang berat dengan background bergambar. Disamping itu, kesalahan (banyak bug/error) struktur html pada template/css juga sangat berpengaruh pada loading saat pengunjung memuat halaman tersebut.
  • Terlalu banyak memasang widget ataupun banner/iklan. Memang memasang widget juga bagus untuk memperindah blog/web, begitu juga dengan banner lainnya. Namun di sisi lain jika widget yang terlalu banyak apalagi widget atau banner yang bergambar besar tentu akan memperberat loading ketika pengunjung mengakses blog kita. Untuk meminimalisasi hal itu, sebaiknya gunakan widget itu seperlunya saja.
  • Faktor berikutnya yang menyebabkan loading halaman begitu lama adalah terlalu banyak link hidup. Maksudnya dalam satu halaman itu live linknya (yang bisa di klik) melebihi batas kewajaran. Menurut beberapa master seo, idealnya link hidup dalam satu halaman itu tidak lebih dari 100 live link.
  • Faktor eksternal seperti masalah jaringan, kalau yang ini memang sudah wajar terjadi pada siapa saja biggrin, apalagi pas antara waktu jam 6 sore sampai jam 9 malam pasti jaringan sudah melemah atau lelet (didaerahku).
    Serta kemungkinan-kemungkinan lainnya yang berhubungan dengan masalah ini.
Jika faktor-faktor di atas terjadi pada blog kita, kemungkinan besar visitor akan enggan lagi berkunjung ke blog kita. Jika demikian, itu berarti sama halnya kita membuka pintu lebar-lebar bagi pengunjung untuk tidak berlama-lama dan keluar dari blog kita. Untuk meminimalisasi hal itu, sebaiknya sobat perlu mengetahui kecepatan loading blognya dan memperbaikinya jika nanti salah satu poin di atas terjadi pada blog kamu (kecuali point terakhir). Berikut beberapa tools untuk mengetahui kecepatan loading blog atau website :

http://gtmetrix.com
http://iwebtool.com/speed_test

http://websiteoptimization.com/services/analyze
http://tools.pingdom.com/
http://numion.com/stopwatch


segitu aja dan semoga dapat bermanfaat biggrin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar